Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Rumah Kayu Awet Dan Tahan Lama di Pedesaan

 


Cara Membuat Rumah Kayu Awet Dan Tahan Lama di Pedesaan – Bagi sebagian orang-orang yang tinggal di pedesaan, banyak diantara mereka yang memilih untuk menggunakan kayu sebagai material utamanya. Sebab di pedesaan cenderung lebih mudah mendapatkan kayu sehingga bahan baku relatif lebih melimpah.

Bagi Anda yang juga ingin menggunakan material kayu dalam proses pembuatan rumah, tetap harus cermat dalam perancangan dan pembuatannya. Pasalnya jika tidak dirawat dengan benra maka kayu bisa mengalami kerusakan. Sebagai referensi, berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa digunakan untuk membuat rumah kayu menjadi semakin awet.

Gunakan Kayu Berkualitas Tinggi

Rumah merupakan aset yang digunakan untuk jangka panjang. Oleh karena itu proses perencanaannya pun tidak boleh dilakukan secara serampangan. Sangat dianjurkan untuk memilih material berupa kayu-kayu berkualitas tinggi yang memiliki daya tahan cukup mumpuni.

Beberapa contoh kayu yang cukup direkomendasikan diantaranya adalah kayu jati, kayu nangka, dan ataupun kayu lainnya yang memang berdaya tahan lama. Meskipun harga kayu-kayu tersebut lebih mahal, namun hal tersebut sebanding dengan kualitas yang akan Anda dapatkan.

Pilih Cat Yang Cocok Untuk Kayu Anda

Cara membuat rumah kayu awet yang tidak kalah penting adalah dengan memilih jenis cat yang cocok untuk diaplikasikan pada kayu. Cat pada rumah kayu digunakan sebagai langkah proteksi dari ancaman seperti sengatan panas matahari ataupun juga terpaan hujan yang bisa melapukkan kayu.

Sebisa mungkin Anda perlu memilih cat yang ramah digunakan pada material kayu, tidak mudah luntur, dan usahakan cat tersebut juga anti air sehingga proteksi material kayu Anda akan semakin lebih maksimal.

Sebaiknya Jangan Membangun Rumah Kayu di Musim Penghujan

 Kalau Anda ingin membuat rumah panggung yang hampir semua materialnya terbuat dari kayu maka sebaiknya hindari pembangunan rumah tersebut saat musim penghujan. Kayu yang terkena paparan hujan relatif cenderung mudah lapuk sehingga cukup rawan ketika digunakan untuk membangun rumah.

Maka dari itu, banyak orang yang sebisa mungkin menghindari pembangunan rumah kayu pada musim penghujan. Kayu-kayu yang basah cenderung akan menyerap dan menyimpan air sehingga kekuatannya tidak akan maksimal nantinya.

Melakukan Pengecekan Rumah Secara Berkala

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat rumah kayu menjadi lebih bertahan lama adalah dengan melakukan maintenance atau pengecekan rumah secara berkala. Anda perlu melakukan pengecekan dengan cermat dan teliti pada bagian-bagian material kayu di rumah. Hal ini bertujuan jika ada kerusakan maka bisa dideteksi sedini mungkin sehingga bisa dilakukan upaya preventif selanjutnya.

Demikianlah beberapa cara membuat rumah kayu awet yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya tips di atas, Anda tidak perlu takut lagi kalau ingin membangun rumah dengan menggunakan bahan material dari kayu.

Post a Comment for "Cara Membuat Rumah Kayu Awet Dan Tahan Lama di Pedesaan"

close